Rabu, 04 November 2009

desain rumah dan valuenya

Banyak kita temui bahwa desain sebuah rumah hanyalah sebatas menjadikan rumah itu bisa jadi tempat kita berteduh, tidak panas, dan tidak bocor saja saat hujan turun. Namun apakah hanya itu fungsi sebuah rumah ? Tentu tidak bukan. Belakangan ini saya makin menemukan bahwa semakin banyak orang2 yang menyadari pentingnya sebuah rumah didesain dengan tepat. Masyarakat semakin sadar akan pentingnya keindahan, kenyamanan dan keamanan sebuah rumah. Tapi yang sangat di sayangkan pengertian akan ketiga hal tersebut acap kali tidak tepat atau bisa dikatakan tidak lengkap. Akibatnya keindahan, kenyamanan dan keamanan sebuah rumah menjadi sesuatu yang dipertanyakan saat bangunan rumah tersebut telah berdiri terbangun dan ditinggali.

Merupakan suatu hal yang menyenangkan bagi saya sebagai seorang arsitek jika melihat bahwa owner (pemilik rumah) puas dengan rumah yang dia beli atau bangun sesuai dengan impiannya, syukur kepada peran dunia pendidikan dan media yang sudah membantu membangkitkan kesadaran masyarakat akan pentingnya rumah yang direncanakan dengan tepat. Saya akan mencoba mensharekan tiga point penting dari pengertian akan keindahan, kenyamanan, dan keamanan dari sebuah rumah.

Pada dasarnya membangun sebuah rumah memiliki prinsip yang sangat sederhana, sama seperti apa yang akan kita lakukan dalam pekerjaan atau kehidupan kita. Semua bermula dari visi (goal/tujuan) yang akan menentukan hasil akhir dari rumah tersebut. Dari visi inilah kita akan menjabarkan konsep keindahan, kenyamanan dan keamanan rumah yang akan kita bangun. Konsep sebuah rumah akan lebih sederhana kita jabarkan sebagai apa yang menjadi keinginan pemilik rumah terhadap rumahnya. Sekilas hal ini kesannya remeh atau sepele, namun selama pengalaman saya sebagai arsitek, sering kali saya menemukan bahwa owner tidak mengerti sesungguhnya apa yang menjadi keinginanya terhadap bakal rumahnya. Sebagian besar hanya berpesan ke arsitek, "Pokoknya saya mau rumah yang bergaya minimalis atau gaya B atau C, dst..." sambil membawa gambar yang dia tunjukkan dari sebuah majalah.

Langkah ini pada dasarnya tidak salah, hanya saja kurang lengkap, karena kunci keberhasilan sebuah perencanaan desain rumah adalah pemilik rumah mengeluarkan semua "unek2"nya sebanyak mungkin kepada seorang arsitek, lalu si arsitek berupaya mengakomodasi ide2 atau keinginan dari si pemilik rumah kedalam bahasa bangunan yang real. Untuk mencapai tahap yang maksimal dalam pematangan konsep rumah diperlukan kerjasama yang baik antara owner dan arsitek, lewat diskusi2 berkala hingga ditemukan titik temu yang diinginkan. Kuncinya adalah komunikasi antara owner dan arsitek...dimana keterbukaan dari owner akan sangat membantu arsitek memahami apa yang diinginkan dan diperlukan owner tersebut.

Selanjutnya untuk memudahkan penjelasan akan aspek keindahan, kenyamanan dan keamanan saya akan menentukan suatu konsep rumah yaitu unik, terbuka, sederhana dan ramah lingkungan.

Keindahan....Keindahan yang menggambarkan ke empat poin di atas bisa digambarkan dengan sebuah rumah yang memiliki material yang di biarkan apa adanya tanpa finishing cat. Bahan2 bangunan yang ada diusahakan seminimal mungkin menggunakan bahan kimia yang mengubah sifat bahan dan warna bahan penyusun badan bangunan tersebut. Proporsi, komposisi dan alur ruang yang tepat di rancang adalah kunci dari keberhasilan perancangan dari rumah ini. Sederhana + keindahan sifat alami bahan bangunan yang diolah dengan tepat, maka hasilnya adalah rumah yang tiada duanya. Namun satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah pengerjaan yang rapi dari team kontraktor yang membangunnya.

Kenyamanan....Kenyamanan yang mutlak diperlukan untuk membangun sebuah rumah yang ideal bagi seseorang haruslah memenuhi standar kenyamanan secara fisik menurut ilmu ergonomi (ilmu yang mempelajari standar kenyamanan manusia dalam beraktivitas) dan standar kenyamanan secara psikis (tergantung selera dan kebiasaan hidup pemilik rumah). Berkaitan dengan kenyamanan fisik adalah berkaitan dengan skala ruangan yang dirancang, yaitu panjang lebar, tinggi ruangan, tekstur, warna dan tentu saja komposisi dari perabot2 dalam ruangan. Lalu kenyamanan psikis merupakan sesuatu yang sangat personal bagi pemilik rumah, semua kenyamanan fisik yang diciptakan merupakan faktor yang membantu terciptanya kenyamanan psikis, bahasa mudahnya adalah kenyamanan psikis sangat relatif karena  tergantung selera dan apa yang pemilik rumah mau terapkan dalam desain rumahnya.

Keamanan....Keamanan berbicara tentang proses konstruksi yang tepat sesuai dengan perhitungan teknis yang dilakukan oleh konsultan struktur. Apa gunanya sebuah rumah yang indah dan nyaman bila rumah tersebut roboh bila terjadi gempa atau bencana lainnya. Seperti pepatah yang mengatakan " di dalam keindahan tersimpan kekuatan yang tidak terlihat yang menopangnya". Tanpa keamanan struktur rumah, maka semuanya percuma.

Bisa kita bayangkan betapa sebuah rumah memiliki value yang luarbiasa bila kita menerapkan prinsip2 dasar ini. Menciptakan sebuah rumah yang dirancang dengan tepat akan membuat rumah  yang murah menjadi sesuatu yang bernilai lebih, boleh murah asal tidak murahan. Mungkin ini baru sebagian kecil saja dari penjelasan tentang dasar2 menciptakan rumah yang indah, nyaman dan aman. Bila dijabarkan lebih lanjut maka diperlukan sebuah kuliah khusus yang tidak akan selesai dalam 1-2 hari. Jadi....jangan ragu untuk konsulatsi dengan arsitek anda yang sudah pasti memiliki pengertian akan hal2 ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar