Senin, 26 Oktober 2009

rumah dan arsitek

Memiliki tempat bernaung yang aman, nyaman dan indah adalah impian semua orang. Apakah rumah yang bisa di kategorikan dengan rumah yang sesuai dengan syarat2 tersebut? Tidak banyak dari kita yang benar2 mengetahui apa yang sesungguhnya rumah yang ideal tersebut. Sebagian besar dari kita cenderung melihat bahwa rumah yang desainnya sedang trend hari2 ini adalah rumah yang ideal tersebut, namun saat kita membeli atau mungkin membangun rumah dengan desain yang trend tersebut, apa yang kita harapkan tidak terjadi malah sebaliknya. Rumah memang tampak keren dari luar, tapi saat berada di dalam rumah semua yang keren tersebut sepertinya tidak berjalan mulus, karena rumah terasa pengap, panas, ruang dalam rumah terasa sempit (padahal luas bangunan terhitung besar), ditambah lagi sepanjang hari ruangan rumah tersebut memerlukan penerangan buatan (lampu).

Timbul suatu pertanyaan pada diri kita, kenapa jadi begini? Rumah yang kita beli atau bangun dengan mahal, kok tidak nyaman? Apakah karena rumah tersebut kurang terencana dengan baik? Besar kemungkinan demikian adanya, karena acap kali rumah yang di beli dari suatu developer perumahan lebih menekankan pada aspek pembiayaan yang murah dan model yang menarik, belum tentu nyaman dan aman.

Pada area inilah sesungguhnya peran arsitek sangat diperlukan dalam perancangan sebuah rumah. Arsitek sebagai profesional yang dilatih dengan kepekaan akan bangunan, memiliki peranan untuk membantu mengakomodasi keinginan dari calon pemilik rumah. Rumah tinggal seseorang adalah gambaran dari orang yang tinggal di dalamnya, demikianlah seharusnya sebuah rumah tinggal di desain.

Rumah tinggal yang dirancang dengan baik akan meningkatkan value dari rumah itu sendiri. Tidak mengherankan bahwa banyak rumah tinggal yang kecil tapi terrancang dengan baik, sekalipun berada pada lokasi yang kurang strategis, dapat dihargai jauh dari harga pasaran di lokasi tersebut karena keberadaan rumah itu sendiri. Rumah yang terancang dengan baik akan meningkatkan kualitas hidup orang yang tinggal di dalamnya. Keuntungan yang diperoleh adalah desain rumah tersebut menjadi yang unik di antara rumah2 lain disekitarnya, ruang2 dalam rumah bisa lebih sejuk karena sirkulasi udara yang di rencanakan dengan baik, penerangan alami rumah juga lebih banyak sehingga menghemat penggunaan listrik. Bahkan banyak pula rumah2 yang dibangun dengan konsep green, bisa membawa dampak yang lebih besar selain penghuni rumah itu sendiri yaitu lingkungan sekitarnya.

Otomatis suatu rumah yang dirancang dengan baik akan memiliki nilai lebih yang tidak bisa didapati dari rumah yang tidak terancang dengan baik. Satu hal lagi yang perlu di tambahkan adalah rumah yang didesain oleh arsitek tidaklah berarti bahwa rumah itu pasti mahal, karena tugas arsitek bukanlah membuat sebuah bangunan menjadi mahal biaya pembangunannya, melainkan mengakomodasi keinginan dan kondisi klien itu sendiri, dengan kata lain value yang di dapat dari seseorang yang memilih membangun rumahnya dengan menggunakan jasa arsitek akan lebih banyak dari pada dengan tidak menggunakan jasa arsitek.

Demikian sedikit tulisan yang bisa di bagikan penulis, dengan tujuan membuka wawasan bagi para pemilik rumah atau calon pemilik sebuah rumah impian. Tapi pilihan kembali pada diri kita masing2, slaam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar